Pages

Sunday 29 May 2016

Irrish Coffee, Coffee with Rhum Flavour

Do you guys know Esprecielo?

Tanpa bermaksud ngiklan, Esprecielo adalah brand yang memproduksi instant coffee and tea latte, dengan klaim cita rasa premium. Salah dua produknya adalah Allure dan Allure Vanilla, matcha latte yang sudah bersertifikat halal dan saat ini bisa ditemui dengan mudah di supermarket dan minimarket terdekat dari tempat Anda berpijak.

And, what surprised me the most.. produk Esprecielo selanjutnya yang mendapat sertifikasi halal dari MUI (menyusul Allure dan Allure Vanilla) adalah Irrish Coffee.. I was like, whaaaaat?

Ada apa sih dengan si Irrish Coffee ini?

Saat pertama kali diluncurkan, Irish Coffee (yep, if I'm not mistaken.. with single "r") mengusung cita rasa kopi beraroma rhum dengan klaim tanpa alkohol.
Agak pesimis juga sih, MUI akan mengeluarkan sertifikasi halal untuk produk yang satu ini kalau masih ada embel-embel rhum. Kasusnya bisa jadi seperti "Root Beer": walaupun produknya tidak mengandung alkohol tetapi baru bisa memperoleh sertifikat halal setelah berganti nama pasar menjadi "Minuman Rasa Sarsaparila" (embel-embel "Beer"-nya dihilangkan).

Begitu pula dengan Irrish Coffee.

Beberapa waktu lalu, secara tidak sengaja saya menemukan Irrish Coffee yang sudah berlabel halal MUI. Setelah saya telaah, di kemasannya sama sekali tidak tertulis kata "rhum". Penulisan Irish pun diubah menjadi Irrish.
(eh, kalau gak salah "Irish" itu juga nama sejenis alkohol.. tapi saya crosscheck ke Mbah Google kok gak nemu ya?)
Anyway, komposisi bahan Irrish Coffee pun tertulis sebagai berikut: Krimer nabati, Gula, Susu skim bubuk, Kopi bubuk, Perisa identik alami, Anti kempal trikalsium fosfat.

Tuh kan, tertulis perisa identik alami alih-alih perisa rhum.
Terus, beli dong? Iyalah. :p
Irrish Coffee *abaikan background Karpet Dora*
And if I should describe the taste, it is not much different from any other coffee latte.
Memang sih, ada sedikit aroma menenangkan yang tidak terlalu menusuk hidung. Tapi berhubung saya belum pernah icip rhum beneran, jadi saya tak bisa membandingkan ya! :D

To be honest, I was expecting stronger flavour (bandel :p).. I mean, if you guys ever taste Ritter Sport with Marzipan filling, kira-kira seperti itulah ekspektasi awal saya.. :p
So, the flavour is below my expectation.. from now on, I could sip it without too much guilty feeling.. *dikepret*

Omong-omong.. setelah Irrish Coffe, produk lain yang menyusul bersertifikat halal adalah Romance dan Caramel Macchiato. Saya tidak terlalu tertarik dengan Romance (red tea latte), jadi Caramel Macchiato saja yang saya coba icip. Well, not bad.. but I'm not too impressed. Rather than Caramel Macchiato or the described Irrish Coffee, personally I would prefer Affairs --another product (not again).
It offers me a creamy coffee latte at first sip, followed by a strong tea after taste. Wonderful.

Disclamer: Murni opini pribadi, bukan postingan berbayar.

No comments:

Post a Comment