Pages

Friday 1 February 2013

Collections: Chibi Figurine and Other Chibi Form Collections

Kali ini saya post di sini dalam Bahasa Indonesia saja ah..

Btw, dari judulnya mungkin sudah bisa ditebak apa kira-kiranya isi post ini. ^^ 

Chibi figurine.. yup, yang saya maksud di sini adalah nendoroid dan kawan-kawan chibi lainnya. Yang dimaksud dengan chibi di sini tentu saja bukan Cherrybelle ya.. tapi proporsi kepala yang lebih besar dibanding badan.
Saya sendiri masih nubitol dalam bidang ini, hehe.. karena awalnya saya tidak terlalu tertarik. Tapi setelah ‘diracuni’ oleh kenalan saya yang penggemar nendoroid, jadilah saya penasaran dengan figurine world --yang setelah saya tahu-- ternyata ruarrr biasa moe. Cute.

Oke kita mulai aja bahas satu per satu. ^^

1) Nendoroid

Nendoroid merupakan salah satu jenis figurin chibi yang paling populer. Kenapa? Tidak lain karena wujudnya yang imut, serta adanya variasi ekspresi wajah dan pose yang bisa dieksplorasi. Seperti ini kira-kiranya:

Imut kan? ^^

Ukuran nendoroid standar adalah sekitar 10 cm. Dalam paket penjualannya, terdapat beberapa variasi wajah, bagian tubuh, serta aksesoris tambahan yang identik dengan karakter tersebut. Misalnya, untuk nendoroid Yagami Light dari Death Note (foto di atas) dilengkapi dengan rantai, pena, part tangan yang memegang Death Note, serta beberapa ekspresi wajah: annoyed, smirked, standard, & smiled. Karena daya tarik utamanya adalah ekspresi wajah dan pose, pewarnaan pada nendoroid umumnya dikerjakan dengan detail.

Detail pewarnaan juga bergantung pada kualitas nendoroid, apakah ori atau KW. Nendoroid ori memiliki detail pewarnaan, kualitas bahan, fleksibilitas, dan pengemasan yang lebih baik daripada nendoroid KW. Harga yang harus dikeluarkan juga tentu saja berbeda. Nendoroid ori dihargai sekitar 3000 yen ke atas (sekitar 350 ribu rupiah ke atas). Harga tersebut juga dipengaruhi oleh seri dan kelangkaan nendoroid tersebut.. tapi yang paling enak sih kalau dipengaruhi oleh cuci gudang toko, hehe.. bisa dapat diskon jadinya.

Nendoroid KW lebih murah, umumnya berharga 150-200ribu. Btw, nendoroid Yagami Light di atas saya beli secara online dari Jual Action Figure, harganya sekitar 120ribuan. Yup, itu KW. ^^

2) Nendoroid petite

Sesuai dengan nama petit (petite) yang disandangnya, nendoroid petit adalah versi mungil dari nendoroid. Ukurannya sekitar 6 cm. Ini contohnya:

Oshino Shinobu, Araragi Karen, dan Araragi Tsukihi dari Bakemonogatari
Walaupun kurang bisa dieksplorasi dari segi ekspresi, nendoroid petit masih bisa diatur posenya. Dan tentu saja, cukup imut untuk dikoleksi. ^^
Harganya juga lebih bersahabat, set 3000 yen berisi 6 nendoroid petit, dan set 2100 yen berisi 3 nendoroid petit. Nendoroid petit di atas saya beli dari Multitoys & Game di Istana Plaza Bandung, harganya sekitar 300ribu-an setelah didiskon. Yup, itu ori. ^^

3) Standard Chibi Figurine

Berbeda dengan nendoroid yang bisa diatur-atur posenya, standar figurine ini posenya cuma satu, gak bisa diatur-atur. Ini contohnya:

Nakano Azusa dari K-On!
Untuk jenis ini ukurannya bervariasi, demikian pula dengan harganya, ada yang kurang dari 100ribu, ada pula yang bisa mencapai 400ribu-an. Harga tersebut bergantung pada produsen yang membuat figurin, kualitas figurin, serta apakah itu termasuk limited edition atau tidak. Figurin yang di atas itu cukup murah, 30ribuan..belinya di Blitz Anime di Bandung Indah Plaza. 

4) Chibi Plush Doll

Sesuai dengan namanya, kategori ini masuk kategori boneka. Ukurannya sekitar 30-45 cm. Ini contohnya, Kuroneko dari Ore no Imouto ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai:

Ore no Plush Doll ga Konna ni Kawaii Wake ga Nai! (There is no way my plush doll can't be this cute!)
Harganya cukup bersahabat, sekitar 90ribu-an.. saya beli di Gonzo Cihampelas. ^^ 
Perbandingan ukurannya kira-kira seperti ini:

Ups.. Light harem.. ^^;
Yakk.. untuk kategori chibi cukup sekian.. Untuk kategori non-chibi mungkin di post selanjutnya.. Hm.. mungkin judulnya Unrequited Collections: Figurine and Similar Collections.. ^^;

4 comments:

  1. Teehee~<3 KAREN-CHAN!! >.<
    Kurisu-nya manaaaaaa (wOAO)w #pembacabanyaknuntut #digiles

    ReplyDelete
    Replies
    1. Penggemar Karen ternyata._.
      Saya sebenarnya lebih suka karakter Hitagi, atau kalau gak Nadeko (yg ini karena KanaHana effect XD).. tapi seri nendo petit yang ada Hitagi-nya agak susah nyarinya.. #bilangajamales #dikeplak

      Foto Kurisu.. err.. masih di draft.. ntar mungkin dipublish sekitar.. *beep *beep* *ilang sinyal* #digiles

      Delete
  2. wow.. aku aja baru punya 1 nendo ^^ hihihi..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, nendoroid saya juga baru dikit kok, setelah itu cuma nambah nendoroid Kurisu aja.. :D Salam kenal. :)

      Delete