Pages

Saturday 2 February 2013

Unrequited Collections: Figurine and Similar Collections

Inilah kelanjutan dari post sebelumnya, Collections: Chibi Figurine and Other Chibi Form Collections.. Kali ini membahas yang non-chibi.. tentu saja kalau di sini yang dibahas adalah yang proporsinya mendekati proporsi normal (tanpa proporsi kepala yang lebih besar).. tapi.. kenapa ada kata ‘unrequited’?

Karena saya gak bakal ngoleksi kategori ini.
Mari kita bahas satu-satu, termasuk kenapa kayaknya saya gak bakal beli.. :’) 

1) Figma

Figma merupakan figurin yang menonjolkan segi fleksibilitas. Figma juga dilengkapi dengan beberapa ekpresi, bagian tubuh, dan aksesoris tambahan (yang identik dengan karakter tersebut), yang memungkinkan beragam pose untuk dimainkan. Ukuran figma kira-kira 15 cm. Harga figma umumnya di atas 400ribu rupiah. Ini contohnya, figma Yuzuriha Inori dari Guilty Crown:


Alasan kenapa saya gak beli: Hm.. karena figma lebih mengedepankan unsur fleksibilitas, detail pewarnaan (terutama wajah) biasanya tidak sebagus nendoroid. 

2) Doll

Kalau yang pernah merasakan main dengan boneka Barbie, doll yang dimaksud di sini kurang lebih seperti itu. Badannya dibuat dari plastik, bajunya dibuat dari kain, dan rambutnya pun bisa kita rasakan helainya. Posenya pun bisa diatur. Terdengar imut bukan? ^^ 
Harganya juga sepadan dengan kepuasan yang didapatkan.. jutaan. 
Ini contohnya, scaled doll 1/3 Makise Kurisu dari Steins;Gate, tingginya kira-kira 50 cm:



Alasan kenapa saya gak beli: Price. Obviously. Tapi seriusan itu imuuuuut banget..>.<

3) Scaled PVC

Sesuai dengan embel-embel scaled, jenis ini dibuat untuk mereplika karakter aslinya, inci per inci. Berbeda dengan figma dan doll yang bisa diatur-atur posenya, pose pada scaled PVC sangat terbatas.. kebanyakan malah hanya satu pose saja. Berikut ini contoh scaled PVC yang memiliki dua pose, Orihara Izaya dari Durarara!!, dengan satu pose mengacungkan pisau, dan pose lainnya memegang ponsel:



Adanya pose tambahan ini dimungkinkan karena lengan bagian kanan bisa dilepas, dan terdapat dua opsi lengan. Bagian lain dari figurin ini (selain lengan kanan) tidak bisa diutak-atik. Kelebihan dari jenis figurin ini, selain dibuat sesuai skala aslinya, adalah detail pewarnaan yang sangat sangat bagus. Scaled PVC yang umum diproduksi adalah skala 1/7 atau 1/8, tingginya sekitar 20-30 cm. Harganya di atas satu juta.. yang berukuran lebih besar lagi harganya lebih mahal lagi.

Alasan kenapa saya gak beli: Alasan objektif karena harganya cukup tinggi, alasan subjektif karena serem aja, berasa naruh patung._. Tapi Izaya-nya cuakeppp banget itu, mupeng liatnya. 

4) Non-scaled, standard figurune

Kategori ini adalah figurin standar yang gak bisa diotak-atik, dan skalanya juga tidak dibuat persis. Jenis ini memiliki harga dan ukuran yang bervariasi, ada yang kurang dari 100ribu, ada pula yang bisa mencapai 500ribu-an. Ini contoh figurin standar, Ayanami Rei dari Neon Genesis Evangelion:


Alasan kenapa saya gak beli: Alasan subjektif yang berasa naruh patung itu aja palingan. 

5) Beach Queen

Dilihat dari namanya, mungkin bisa ditebak ya.. Yup, Beach Queen adalah nama produsen yang khusus memproduksi swimsuit version untuk karakter-karakter anime. Harganya sekitar 400ribu ke atas, dengan ukuran sekitar 15-20 cm. Ini adalah contoh Beach Queen figurine, scaled 1/10 Mikazuki Yozora dari Boku ha Tomodachi ga Sukunai:

 


Alasan kenapa saya gak beli: Swimsuit version.. why would I need it?

6) Makaizou

Hmm.. khusus untuk jenis ini, saya gak bakal ngasih gambarnya.. demi menjaga agar blog saya tidak memuat konten dewasa. Yup, bisa ditebak.. kira-kiranya seperti apa makaizou ini. Makaizou adalah figurin yang diutak-atik dengan ‘melepaskan’ bagian-bagian pakaian, dan menambahkan ‘ero part’. Tindakan seperti termasuk tindakan ilegal, karena itu makaizou tidak diperjualbelikan dengan bebas. Kisaran harga juga saya kurang tahu, hehe.. ^^; 
Btw, waktu saya browsing salah satu toko figurin online di Indonesia yang buka lapak di facebook, ternyata mereka punya koleksi makaizou juga.

Alasan kenapa saya gak beli: Again.. WHY IN THE WORLD I NEED IT FOR??? 

Yup, kurang lebih seperti itulah bahasan tentang unrequited collections ini.. ^^;

No comments:

Post a Comment